PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA WARNET STAR.NET DI BAGADUH
KECAMATAN PANEI KABUPATEN SIMALUNGUN
Disusun oleh :
MUHAMMAD AZHARI
11 500 0169
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SIMALUNGUN PEMATANGSIANTAR
2015
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita
panjatkan kehadiran Allah SWT, karena rahmat dan karunianya saya masih dapat
untuk menyelesaikan Rencana Proposal Skripsi ini dengan baik, disini saya
sebagai penulis membuat sebuah penelitian yang mana untuk menyelesaikan
beberapa syarat untuk menuju pemembuatan skripsi. Untuk itu saya telah
menemukan rencana judul skripsi yang akan saya teliti.
Judul yang saya teliti
yaitu “ PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARNET STAR.NET BAGADUH KECAMATAN PANEI
KABUPATEN SIMALUNGUN.”
Demikianlah yang dapat saya
berikan, mudah-mudahan Proposal saya dapat diterima oleh Bapak/Ibuk Dosen
Pembimbing di Universitas Simalungun, lebih dan kurangnya saya ucapkan terima
kasih.
Penulis,
MUHAMMAD
AZHARI
Npm.
11 500 0169
RENCANA
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................
1. Latar Belakang...............................................................................................
2. Rumusan Masalah..........................................................................................
3. Tujuan Penelitian............................................................................................
4. Manfaat Penelitian.........................................................................................
5. Hipotesa.........................................................................................................
6. Sistematika Penulisan.....................................................................................
BAB II URAIAN TEORITIS.................................................................................
1. Landasan teori ...............................................................................................
a.
Fasilitas Jasa.............................................................................................
b.
Pemasaran Jasa.........................................................................................
c.
Kualitas Pelayanan Jasa...........................................................................
d.
Kepuasan Pelanggan................................................................................
2. Kerangka Berfikir..........................................................................................
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.............................................................
1. Sejarah Perusahaan ........................................................................................
2. Variabel Penelitian dan Defenisi Operasional................................................
a.
Variabel Penelitian...................................................................................
b.
Defenisi Operasional................................................................................
3. Populasi dan Sampel .....................................................................................
4. Jenis dan Sumber Data...................................................................................
5. Metode Pengumpulan Data...........................................................................
a.
Kuesioner ................................................................................................
b.
Observasi..................................................................................................
c.
Wawancara ..............................................................................................
6. Teknik Analisis ..............................................................................................
7. Metode Analisis Data....................................................................................
8. Gambaran Umum Perusahaan........................................................................
9. Gambaran Umum Responden........................................................................
10. Analisis Data..................................................................................................
11. Pembahasan....................................................................................................
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN...............................................................
1. Kesimpulan....................................................................................................
2. Saran..............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................
PROPOSAL PENELITIAN
“PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA
WARNET STAR.NET DI BAGADUH
KECAMATAN PANEI KABUPATEN SIMALUNGUN”
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Pada abad modern ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi semakin maju. Hal ini mendorong perkembangan dunia usaha yang semakin
pesat dan persaingan pasar semakin ketat, sehingga menuntut adanya sistem
pemasaran yang semakin baik pada setiap perusahaan yang bergerak dibidang
industri maupun jasa.
Pemasaran merupakan salah satu sarana bagi perusahaan
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Agar tujuan tersebut
tercapai maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan
barang atau jasa yang diinginkan konsumen dengan memberikan pelayanan yang
menyenangkan dan fasilitas-fasilitas yang menunjang.
Memberikan pelayanan yang unggul merupakan sebuah
strategi yang sangat penting karena
dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan baru. Pelayanan merupakan komponen
nilai yang pokok yang menggerakkan setiap perusahaan untuk sukses.
Perusahaan
yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan yang kompetitif harus dapat
memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga murah,
dan pelayanan yang baik kepada pelanggan dari para pesaing. Untuk memenuhi
kepuasan pelanggan pada industri jasa, kualitas pelayanan penting dikelola
perusahaan dengan baik.
Kualitas pelayanan sangat penting pada Industri jasa,
kualitas pelayanan terbaik merupakan suatu profit strategi untuk meningkatkan
lebih banyak pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang ada, menghindari
kaburnya pelanggan, dan menciptakan keunggulan khusus yang tidak hanya bersaing
dari segi harga.
Apabila pelayanan yang diterima atau dirasa sesuai dengan yang diharapkan oleh
pelanggan, maka kualitas pelayanan dapat dipersepsikan baik dan memuaskan.
Citra
kualitas yang baik tidak berdasarkan atas persepsi penyedia layanan, melainkan
berdasarkan atas persepsi pelanggan. Kualitas pelayanan dapat digambarkan
sebagai suatu pernyataan tentang sikap, hubungan yang dihasilkan dan
perbandingan antara ekspeksitas (harapan) dengan kinerja.
Dengan semakin meningkatnya tingkat gaya hidup
masyarakat, maka kebutuhan masyarakat terhadap barang atau jasa juga semakin
meningkat. Salah satu jasa dari teknologi informasi yang banyak dimanfaatkan
dan digunakan masyarakat adalah dengan menggunakan sarana internet melalui
perusahaan kecil jasa layanan informasi. Dengan mengakses pada salah satu
internet seseorang akan dengan mudah memperoleh informasi yang
diinginkan.
Warnet yang merupakan salah satu perusahaan kecil yang
bergerak dalam bidang layanan jasa informasi internet merupakan salah satu
komponen bagi perkembangan sektor informasi. Sektor informasi ini mempunyai
perkembangan yang cukup pesat sekali, yang dapat dilihat semakin maraknya
jumlah yang beraneka ragam. Berarti usaha ini sangatlah menjanjikan.
Pengusaha di
bidang warnet juga tidak dapat menghidari persaingan dalam menjaga minat
konsumen untuk tetap menggunakan jasanya. Menghadapi situasi tersebut, maka seorang
pengusaha warnet harus dapat mengelola kegiatan pemasaran dengan lebih baik
secara terus menerus dan berusaha meningkatkan keuntungan yang optimal. Untuk
dapat mencapai hal tersebut bukan hal yang mudah bagi suatu perusahaan, sebab
dibutuhkan perhatian khusus dan juga pengetahuan untuk mengetahui faktor-faktor
yang mendukung dan berpengaruh dalam kegiatan pemasaran.
Sebagai perusahaan jasa, untuk dapat menciptakan nilai
lebih pada pelanggan maka perlu diperhatikan faktor-faktor kualitas layanan
jasa yang diberikan kepada konsumen seperti kualitas layanan yang berkaitan
pada segala sesuatu yang tampak nyata (peralatan dan teknologi, kebersihan dan
kenyamanan ruangan, sara parkir yang memadai, perlengkapan yang digunakan mudah
dioperasikan), kualitas layanan yang berkaitan dengan kemampuan karyawan dalam
memberikan layanan segera dan memuaskan konsumen (kecepatan dalam pelayanan,
kecepatan dalam mengakses aplikasi komputer), kualitas layanan yang berkaitan
dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin (kesediaan karyawan dalam membantu
konsumen, ketanggapan karyawan), layanan yang berkaitan dengan pengetahuan dan
kesopan santunan karyawan serta kemampuan mereka untuk menumbuhkan rasa
kepercayaan dan keyakinan (perasaan aman, pengetahuan produk,tingkat kejujuran,
sikap dalam melayani konsumen), kualitas layanan yang berkaitan dengan kepedulian,
komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan kepada para konsumen (pelayanan
yang adil, hubungan antar konsumen). Pada saat ini, konsumen dalam mengambil
keputusan untuk mengkonsumsi jasa mempunyai
banyak pertimbangan-pertimbangan seperti fasilitas dan pelayanan yang
ada pula warnet tersebut. Hal ini penting sekali untuk dilakukan mengingat bahwa
konsumen akan melakukan sesuai dengan harapan mereka. Apabila kinerja yang
dihasilkan tidak sesuai dengan harapan, maka konsumen akan merasa tidak puas
sehingga mereka tidak akan melakukan pembelian secara berulang atau akan
merekomendasikan kepada calon konsumen lain hal-hal yang buruk terhadap warnet
sehingga dampaknya akan sangat merugikan warnet tersebut.
Warnet Star.Net berlokasi di Jl.Tigaras Bagaduh, Nagori
Bangun Rakyat Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. Jam Kerja Warnet Star.Net
24 Jam. Sedangkan Pelanggan Warnet adalah kebanyakan dari kalangan pelajar yang ada di sekitar warnet ini
seperti Siswa/Siswi SMP Swasta Pembangunan dan SMA Swasta Karya, yang melakukan
pembelian ulang jasa internet pada warnet Star.Net selama periode penelitian.
Dalam
penelitian ini ditekankan pada adanya keterkaitan antar kualitas pelayanan dari
internet Star.Net dengan kepuasan Pelanggan, dan menyadari betapa pentingnya
kepuasan pelanggan maka penulis mengadakan penelitian dengan judul “PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA WARNET STAR.NET DI BAGADUH KECAMATAN PANEI KABUPATEN
SIMALUNGUN”.
2.
Rumusan Masalah
·
Apakah fasilitas dan pelayanan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Warnet
Star.Net Bagaduh Kec.Panei Kab.Simalungun?
3.
Tujuan Penelitian
·
Untuk menganalisis pengaruh secara
simultan fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan
jasa internet pada Warnet Star.Net Bagaduh Kec.Panei Kab.Simalungun
4.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan
dapat bermanfaat :
a. Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis pada
pengembangan teori pemasaran dan perilaku konsumen. Khususnya digunakan sebagai
solusi alternatif dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan permasalahan
yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi fasilitas dan pelayanan
pada Pelanggan warnet star.net dalam menilai kualitas layanan jasa pada warnet
tersebut.
b. Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi
manajemen perusahaan khususnya dibidang pemasaran, selain itu hasil penelitian
ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti
selanjutnya.
5.
Hipotesis
Sebuah hipotesis adalah perumusan jawaban sementara
terhadap suatu persoalan yang dimaksud sebagai tuntutan sementara dalam
penelitian untuk mencari jawaban yang sebenarnya (Winarno Surakhmad, 1985:39).
Maka hipotesis dapat diartikan sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara
terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti melalui data yang terkumpul,
mengacu pada landasan teori yang ada.
H1 : Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Warnet Star.Net
H2 : Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan Warnet Star.Net
6.
Kerangka Berfikir
Kerangka pemikiran
merupakan model konseptual tentang bagaiman teori berhubungan dengan berbagai
faktor yang telah diidentifikasi sebagai masalah yang penting, kerangka
pemikiran yang terbaik akan menjelaskan secara teoritis pertautan antara
variabel yang akan diteliti. Jadi, secara teoritis perlu dijelaskan hubungan
bebas (independen) dengan variabel terikat (dependen).
Gambar. Kerangka Pemikiran
Teoritis
|
|
7.
Metode Pengumpulan Data
Metode
pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini ialah sebagai berikut :
a.
Kuesioner
Metode pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis
kepada responden untuk dijawab
b.
Observasi
Metode ini dengan cara
melakukan pengamatan secara langsung kepada objek yang dituju. Pengamatan ini
dilakukan secara langsung terhadap keadaan atau lokasi warnet Star.net dengan
suasana yang ada dan pelayanan yang dirasa oleh konsumen
c.
Wawancara
Metode wawancara
digunakan untuk mendukung akurasi dan kelengkapan kuesioner yang tersebar,
selain itu wawancara digunakan untuk melengkapi data yang terkumpul melalui
kuesioner.
8.
Metode Analisis Data
a.
Analisis Regresi Berganda
Dalam upaya menjawab
permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan analisis regresi linear
berganda (multiple regression).
Analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh antara variabel
independen yaitu fasilitas dan pelayanan jasa terhadap variabel dependen
yaitu kepuasan pelanggan. Rumus
matematis dari regresi linear berganda yang digunakan dalam penelitian ini
adalah :
Dimana :
Keterangan :
Y = Kepuasan Pelanggan (variabel dependen)
= Fasilitas (variabel independen)
= Kualitas Pelayanan (variabel independen)
= Konstanta
= Koefisien regresi variabel Fasilitas
= Koefisien regresi variabel Kualitas Pelayanan
=
Error
b.
Uji F
Pada dasarnya dilakukan
untuk mengetahui signifikansi hubungan antara semua variabel bebas dan variabel
terikat, apakah variabel bebas yang dimasukkan dalam model mempunyai pengaruh
bersama-sama terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini pengujian
hipotesis secara simultan dimaksudkan untuk mengukur besarnya pengaruh fasilitas
jasa dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel
terikatnya
Ketentuannya
:
1. H0 : β1 ≤ 0 artinya tidak ada pengaruh
yang signifikan pada masing-masing variabel bebas (x) terhadap variabel (y)
2. H0 : β1 > 0 artinya ada pengarunh yang
signifikan pada masing-masing variabel bebas (x) terhadap variabel terikat (y)
Tingkat kepercayaan yang
digunakan 95 % atau taraf signifikasinya adalah 5 % dengan kriteria sebagai berikut
:
1. Apabila f hitung > f tabel, maka H0 ditolak H1 diterima ada pengaruh yang signifikan antara
variabel bebas (x) secara bersama-sama dengan cariabel terikat (y)
2. Apabila f hitung < f tabel, maka H0 diterima dan H1 ditolak berarti tidak ada pengaruh yang
signifikan antara variabel bebas (x) secara bersama-sama dengan variabel
terikat (y).
c.
Uji t
Uji t pada dasarnya menunjukkan
seberapa jauh pengaruh satu variabel independen secara individual dalam
menerangkan variasi variabel independen (ima Ghizali, 2001). Langkah-langkah
uji Hipotesis untuk koefisien Regresi adalah :
1. Perumusan Hipotesis Nihil (H0) dan Hipotesis alternatif (H1)
H0 : β1 = 0
Tidak ada pengaruh yang signifikan
dari masing-masing variabel bebas (X2, X2)
terhadap variabel terikat (Y)
H0 : β1 > 0
Ada pengaruh yang dignifikan dari
masing-masing variabel bebas (X2, X2)
terhadap variabel terikat (Y)
2. Penentuan harga t tabel berdasarkan taraf signifikansi dan taraf derajat
kebebasan
-
Taraf signifikansi = 5 % (0,05)
-
Derajat kebebasan = (n-1-k)
d.
Koefisien determinasi (R2)
Koefisien determinasi
(R2) pada intinya mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam
menerangkan variasi variabel independen. Nilai koefisien determinasi adalah
antara nol dan atu. Nilai R2 yang kecil berarti kemampuan
variabel-variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sangat
terbatas. Nilai yang mendekati satu berarti variabel-variabel independen
memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprekdiksi variabel
dependen (Imam Ghozali, 2001)
9.
Sistematika Penulisan
Adapun Sistematika Penulisan
yaitu :
a.
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini disajikan latar belakang permasalahan, perumusan masalah
yang dihadapi, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan
b.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Dalam tinujauan pustaka ini diuraikan landasan teori yang digunakan
sebagai dasar dari analisis peneltian, penelitian terdahulu dan kerangka
penelitian
c.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Dalam penelitian ini diuraikan tentang jenis dan sumber data, metode
pengumpulan dan metode analisis. Bab ini akan menguraikan mengenai deskripsi
objek penelitian, analisis data dan pembahasan atas hasil pengolahan data.
d.
BAB IV PENUTUP
Bab ini merupakan kristalisasi dari semua yang telah dicapai di pada
masing-masing Bab sebelumnya. Tersusun atas kesimpulan dan saran.
RENCANA DAFTAR PUSTAKA
Gerson, Richard. F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM,
Jakarta
Muhammad, Arif. 2010. Analisis
Korelasi Dan Regresi, Andira Publisher, Makassar.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi 11 jilid
1 dan 2 PT
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran,
Rosdakarya, Bandung
Sugiono, 2003. Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Guarddin, Gladi dan Pandu Wijaya. 2003. (et,at), Strategi to Build Warnet
Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa, Andy Offset,
Yogyakarta
Tjiptono, F. 2006. Konsep Manajemen Strategi. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Simamora, B.2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen,
Jakarta: PT Pustaka Gramedia Utama
Teguh,M.2001. Metodelogi Penelitian Ekonomi, Jakarta: PT Paja Grafindo Persada
Kalau Butuh Yang Versi Word Nya Kirim Email saya aja yaahhh... Jgn lupa Comment kalok ada yang kurang jelas... thankss..
ka boleh kirim lewat email ga file nya
BalasHapuskak kirimin ke gmail putrialwardhani2810@gmail.com
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKa, izin kirimin file wordnya ya ke gmail. yusufmyi21@gmail.com
HapusKIRIM KE EAMIL AKU LAH BG frizka.pangrib89@gmail.com
Hapuskak boleh kirim file word ke email sartikamalasari1990@gmail.com?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusheriantohutagalungsky@gmail.com
HapusTlg krm file word ke emain sAya : rezaldypratama988 @gmail.com
Hapustolong kirim ke email saya juga zauviya88@gmail.com Terimakasih
Hapuskak boleh minta tolong emailkan ke ajiestu99@gmail.com
HapusKa boleh minta lewat email ga ?
BalasHapusCARA SUKSES NGURUS IJAZAH Assalamualaikum saya bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp/WA 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
Hapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Semua data di kirim sesuai alamat kantor
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.500.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
kak mau versi wordnya dong alsyaazizahhp@gmail.com
BalasHapusralat : alsyaazizahp@gmail.com
BalasHapusAss ka, boleh kirim versi full nya?
BalasHapusAss ka,boleh kirimkan yg wordnya?
BalasHapusKak boleh minta versi wrdnya?
BalasHapusAfiagnurbaini@gmai.com
Kirim email dong kak...bellamars02@gmail
BalasHapusCom
kak boleh minta versi wordnya? linayuniarti72@gamil.com
BalasHapusKirim ke email saya Kk rioariansyah38@gmail.com
BalasHapusKa mau dong wordnya
BalasHapusRomieirfanhidayat@gmail.com
BalasHapusKa boler minta versi wordnya.
BalasHapustejaahmad91@gmail.com
Bagus.
BalasHapusMinta bentuk wordya donx ka
kak boleh minta versi word nya. email muhammadreza044@gmail.com
BalasHapuskak bisa minta file lengkap nya gak ke email sultanmahaputra1479@gmail.com terima kasih jazakallah khair :)
BalasHapusBisa kirimblewat email kah
BalasHapusdhaniaester178@gmail.com
boleh minta yang versi wordnya
BalasHapuskak boleh minta versi fullnya kah, email : fitriya.isna123@gmail.com, termasuk bab 2 dna bab 3 ya kk. thankyou so much. semoga banyak memberi manfaat. thankyou thankyou
BalasHapuskak boleh kirim ke email saya tidak? nadiatrisna8@gmail.com
BalasHapusKak minta versi word nya kak:)
BalasHapusKk bsa krim versi full gak ke gmail almerfirdaus16@gmail.com
BalasHapusTerimakasih telah membantu.apakah boleh dikirim ke email saya? Jika berkenan dikirim saya sangat banyak terimakasih.kirim ke gmail alviraputriu.uap@gmail.com .
BalasHapusboleh minta wordnya kak ? kirimin ke e-mail:antoniusbrian12@gmail.com
BalasHapusKak mau versi wordnya donk elsyateddy@gmail.com
BalasHapusKirim kak wordnya dodorohadi97@gmail.com
BalasHapusKak kirim dong lewat email Nenengnenengnurmala06@com
BalasHapusKak boleh minta versi wrdnya?? rinarinana1.rr@gmail.com
BalasHapusVersi wordnya kak rumiayu96@gmail.com
BalasHapusplis minta file wordnya buat tugas beso :( email: yoga.woow@gmail.com
BalasHapusbg mnta file wordnya bng buat tugas bng tolong bng prestianbayu03@gmail.com
BalasHapuskak boleh minta file wordnya?? :v ifaaln2911@gmail.com
BalasHapusPermisi kak.. Bisa saya minta versi word-nya?? Bisa kirim ke shafiraprakasa@yahoo.co.id
BalasHapusTerimakasih..
KK boleh minta versi word.a ngak. Ke nuranima229@gmail.com
BalasHapusMakasih ya KK
Kak bisa minta wordnya yang full , ke arif.fadli11.pa4@gmail.com
BalasHapusMinta versi word nya kk
BalasHapusDhejuwendy@gmail.com
BalasHapuskak boleh kirim versi wordnya? yang full ya kak
BalasHapusterimakasih semoga berkah dan bermanfaat kak ilmunya
diannadia664@gmail.com
Ka minta versi word nya bolehh?
BalasHapusYustinrossina@gmail.com
boleh minta word yang lengkap nya ?
BalasHapuske email rizkirayhan174@gmail.com
Assalamua'laikum
BalasHapusKak saya boleh minta file word ini?
kalau boleh minta ya kak,
iam_masykuri01@yahoo.com
kak boleh mnta file wordnya ,,, email ku aidaulfah9@gmail.com
BalasHapusAssalamualkum kak aku boleh minta versi wordnya...ni email aku supriyadi.lasmana93@gmail.com
BalasHapusKaka pengen versi word nya
BalasHapusassalamualaikum kk boleh minta word nya laila.hayani05.lh@gmail.com
BalasHapushalo kak boleh bagi file word nya? saya cari-cari emailnya gak dapet, mudah-mudahan ngebaca komenan ini. ini email saya darwinsetiady@gmail.com
BalasHapuskak boleh minta file lengkapnya dong.. wandy.sucsess@gmail.com
BalasHapusmakasih..
kak boleh minta file lengkapnya dong.. wandy.sucsess@gmail.com
BalasHapusmakasih..
MAAF KAK,saya juga butuh nihh minya ya kak
BalasHapusemailnya saya agussopiansauri@gmail.com
Saya juga kak kirimin verai word nya kak
BalasHapuspro.gitora@gmail.com
minta versi word nya kk
BalasHapusrandoyufren@gmail.com
minta versi wordnya dong ka
BalasHapusfadmikh2907@gmail.com
Kk kirim versi word nya dong
BalasHapuskak bisa kirrim versi word nya
BalasHapusKak boleh kirim word nya ke email gak, email saya whitepearl229@gmail.com . Makasih banyak sebelumnya kak
BalasHapusAssalalamu'alaikum kk...
BalasHapusBoleh minta versi full nya kk??
Atau
boleh minta ajati gk kk??
Ka aku mau minta versi full nya? Terimakasih
BalasHapusKak saya mau versi word nya kirim ke email saya ya diahrani2704@gmail.com
BalasHapusTerimakasih
bg boleh minta versi fullnya, terima kasih sebelumnya
BalasHapuskirim di email ini ya bg vivifebrianti121@gmail.com
Boleh minta versi wordnya kak, kalau boleh kirimkan ke email saya ya kak ferdylestyawan42@gmail.com
BalasHapusMinta versi wordnya bro kirim ke email gua. rymanzebua51@gmail.com
BalasHapusKak. Boleh minta file nya gak yg versi full. Kalo boleh kirim email saya. Widiyanti.05april@gmail.com
BalasHapuskak, saya boleh minta file nya gak?
BalasHapuskalo boleh kirim ke email saya dwianita61316@gmail.com
terima kasih 🙏
Mohon ijin minta file nya ya kak 🙏
BalasHapusBisa kirim ke email saya @maidewis
ka kalo boleh minta versi word nya lewat email sri.faqott28@gmail.com
BalasHapusedysuhandi95@gmail.com kak minta versi word nya dong
BalasHapusKA BOLEH MINTA WORD NYA KIRIM KE EMAIL YENIRAVA.EVAN@GMAIL.COM .TERIMA KASIH
BalasHapuska boleh mintak word nya kak
HapusMisi blog ini sangat membantu dan saya ucapkan terimakasih yg pertama, jika berkenan tolong untuk bisa mengirimkan file doc nya karna saya sangat membutuhkan email: fmuzamil46@gmail.com terimakasih sebelum nya.
BalasHapusKa boleh minta word.nya ? Email : anggunmawarni4@gmail.com
BalasHapuska Admin boleh sya minta tolong bantuan untuk versi full d word ny, soal ny gambar tidak terbaca. jika berkenan membantu sya bisa d kirim data versi word nya ke email saya ka Admin, di (sato71@yahoo.com) #Terimakasih
BalasHapuska boleh kirim versi wordnya gak ? defio431@gmail.com makasih sebbelumnya
BalasHapusKaboleh kirim versi wordnya di word??? Ni email sayaa yenniatvianty01@gmail.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKak.. Ijin minta versi word nya, buat referensi 🙏
BalasHapusKak, minta tlg kirimin file word nya, makasih
BalasHapusYereddias330@gmail.com
Kak mohon maaf boleh saya minta word nya bisa kirim ke email saya
BalasHapusimafatimah3620@gmail.com
Trirma kasih 🙏
kak, saya boleh minta file nya gak?
BalasHapuskalo boleh kirim ke email saya wiwikjonexpress@gmail.com
terima kasih 🙏
Kak boleh minta Word nya, boleh kirim ke email saya j.llengkeran@gmail.com
BalasHapusTerima kasih 🙏🙏
Ka,boleh minta versi wordnya, ga?
BalasHapusKlo, blh kirim ke email saya partiwi1702@gmail.com
Terimakasih 🙏
Hallo ka, boleh minta versi wordnya gak? bisa kirim ke email ya ka mesybela45@gmail.com
BalasHapusterimakasih ka.
Hallo kak, boleh mintak versi word nya ngak Kalau. Boleh ini ,ini email saya safitriayunosa@gmail.com
BalasHapusSelamat siang kk minta versi word ...email saya kk muhammadibra095@gmail.com terimakasih
BalasHapushalo kakak, saya mau minta versi wordnya... email saya humasyj@gmail.com terimakasih ^^
BalasHapusSelamat malam kak
BalasHapusSaya boleh minta versi wordnya, kalo boleh bisa kirim ke email saya Priskamulyawati@gmail.com
Terimakasih
krim k email sya kak sukartatahta@gmail.com
BalasHapuskrim k email sya kak sukartatahta@gmail.com
BalasHapusSelamat siang kak, sebelumnya terimakasih sudah memposting contoh proposal skripsi ini pada Blog Kakak. Yang dapat dijadikan referensi bagi saya dan teman-teman lainnya. Jika berkenan, bolehkah kakak kirimkan versi word nya ke email: Febbyart289@gmail.com ?
BalasHapusTerimaksih
Boleh kirim ke email saya kak, terlebih dahulu terimakasih kak🙏🏼 elin.silitonga@gmail.com
BalasHapusBoleh kirim ke email saya kak, terlebih dahulu terimakasih kak🙏🏼 elin.silitonga@gmail.com
BalasHapusBoleh kirim ke email saya kak, terlebih dahulu terimakasih kak🙏🏼 elin.silitonga@gmail.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKakak minta versi wordnya �� elziramadani7@gmail.com
BalasHapusKakak minta versi wordnya 🙏 elziramadani7@gmail.com
BalasHapusKakak minta versi wordnya 🙏 elziramadani7@gmail.com
BalasHapusKak boleh minta versi wordnya? Terimakasih .
BalasHapus@apriliabekti698@gmail.com
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamu'alaikum kak
BalasHapusMohon kirim ke email saya juga ya kak setiamega877@gmail.com
Terima kasih kak :)
kak boleh minta file word nya ? sebelumnya terimakasih
BalasHapusadyllasaridylla@gmail.com
Tolong share veersi word mas gustybuyut@gamail.com terimakasih
BalasHapuskak boleh minta versi word nya..
BalasHapussebelumnya trimakasih kak 🙏🏼
kirim ke email valeri000789@gmail.com
KAK BOLEH MINTAK WORD NYA SEBELUMNYA TERIMAH KASIH KAK lkevianto27@GMAIL.COM
BalasHapusTerimakasih kak sangat membantu. Boleh minta versi lengkap word nya kak🙏
BalasHapusekapujil875@gamail.com
Kaa boleh kirim lewat email fadelarka321@gmail.com
BalasHapusKak boleh kirim lewat email : Indahps1599@gmail.com
BalasHapusterimakasih sebelumnya kak.
kak boleh kirim lewat email ngga? amrafebri58@gmail.com
BalasHapusmakasih sebelumnya kak.
Kak boleh kirim lewat email cityzens65@gmail.com terimakasih sebelumnya
BalasHapusTitanium Headboards - Vitanium Art
BalasHapusTUTONIAL HEADS. titanium hair TUTONIAL HEADS - vitanium-arts.com is how to get titanium white octane the perfect titanium nipple barbells head titanium pot design for does titanium set off metal detectors any person. TUTONIAL HEADS - vitium-arts.com